Jumat, 29 September 2017

Harapan Pekeretaapian Indonesia di Masa Mendatang



Stasiun Bandung
 
Kereta api di Indonesia sekarang sudah berbeda dengan jaman dulu. Dulu naik kereta api berdesak-desakan atau ada yang naik diatas gerbong kereta. Sekarang naik angkutan kereta api sudah lebih manusiawi atau memanusiakan manusia. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah bertranformasi menjadi lebih baik dan sebagai pelayan di moda transportasi perkeretaapian. Walaupun masih menjadi perusahaan monopoli /single operator di dunia perkeretaan api di Indonesia. PT KAI tetap mau berubah dan berbenah untuk menjadi lebih baik. PT KAI dituntut aktif mengikuti perkembangan jaman dan yang penting mengikuti tren pasar (permintaan konsumen). Apabila itu tidak dilakukan PT KAI akan bisa jadi tertinggal dengan moda transportasi lainnya. Peran pemerintah disini juga sangat berperan untuk kemajuaan PT KAI yaitu di kementrian BUMN dan Kementrian Perhubungan yang dalam hal ini melakukan kebijakan regulasi/aturan sedangkan PT KAI sebagai operator dilapangan.

Kereta Model lama

Perubahan besar yang dilakukan oleh PT KAI tidak bisa dilakukan secara cepat, butuh waktu bertahun-tahun untuk merubah itu. Caranya dengan mengubah  pola pikir dari jajaran manajemen, karyawan dan penumpang itu sendiri. Walaupun diawal awalnya masih ada penolakan dari pihak internal maupun eksternal. namun seiring berjalannya waktu PT KAI bisa merubah pola pikir mereka untuk sama-sama membangun PT KAI yang bisa berkelas dan berstandar dunia. Selain itu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan PT KAI untuk menjadi besar dan berkelas internasional. 

Kereta Model lama
 
Perubahan yang telah dilakukan PT KAI antara lain sudah mengunakan perangkat teknologi informasi (TI) sebagai perangkat kerja dilingkungan internal dan eksternal seperti pemesanan tiket, cetak tiket & system check in, stasiun-stasiun sudah lebih bersih dan terawat, pemesanan makanan di atas gerbong yang lebih mudah dan bersih, toilet di dalam stasiun juga sudah bersih, papan informasi yang lebih informatif, ada bagian customer service dan hotline yang membantu keluhan dan menerikan informasi kepada penumpang, pemesan tiket/reservasi distasiun yang lebih tertib dengan pemanggilan  mengunakan nomer antrian, yang bisa masuk peron adalah penumpang yang akan berangkat, distasiun besar juga sudah ada kafe atau lounge untuk penumpang eksekutif, di stasiun gambir juga sudah ada tempat penginapan seperti hotel/motel dengan penginapan dengan sewa per jam untuk mengakomodasi penumpang yang  keretanya datang kepagian atau kemalaman. 

 Kereta Model lama

Sedangkan masih ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh PT KAI yaitu meningkatkan pelayanan kepada penumpang kereta api, membuat perjalanan kereta yang mengaksikkan dari segi waktu dan pelayanan diatas kereta, masih banyak perlintasan sebidang diperlintasan kereta, membuat perjalanan kereta tidak telat/on time, bersama pemerintah membuat jalan rel ganda dan membuka rute jalur kereta baru atau memamfaatkan jalur kereta lama untuk diaktifkan kembali, memperbanyak perjalanan kereta jarak dekat/ kereta lokal (KRL,MRT/LRT), memperbanyak promosi seperti promo-promo di hari khusus, belum semua tempat parkir di stasiun luas, mensosialisaikan perangkat IT kesemua lapisan masyarakat karena belum semua paham mengakses mengunakan IT terutama orang-orang tua, perbanyak tempat pembelian tiket kereta api, serta peremajaan dan penambahan kereta. 





  Stasiun Balapan Solo

Parkir Abu Bakar Ali Yogyakarta
 
Harapan kami sebagai penumpang kereta api yaitu dalam mengakses kereta api lebih mudah dan tidak membeda-bedakan  pelayanan kelas kereta & stasiun baik itu eksekutif maupun ekonom,  perjalanan kereta yang tepat waktu, menikmati perjalanan yang mengaksikkan dan berharap ada aplikasi yang bisa melacak perjalanan kereta (kereta yang akan berangkat atau kerete yang sudah tiba) agar penjemput atau pengantar bisa memperkirakan kedatangan di stasiun seperti flightradar,  ruang tunggu diluar peron yang lebih reprentatif dilengkapi dengan ruang merokok, toilet dan mushola, pemesanan makanan dikereta  bisa dilakukan lewat pemesanan tiket diinternet, ada aplikasi atau email/sms yang mengingatkan ke penumpang yang akan berangkat mengunakan kereta api agar tidak terlambat datang kestasiun. PT KAI juga harus punyai data member penumpang yang loyal sehingga dapat dilakukan pertemuan atau gathering.

Rute kereta api yang aktif dan tidak aktif Jogja, Solo, Semarang
 
Pemerintah saat ini juga akan membuka jalur kereta baru di luar pulau jawa & sumatra seperti pulau kalimantan, sulawesi, papua dan merencanakan mengaktifkan kembali jalur kereta yang sudah lama tidak aktif. Adanya kereta bandara yangmenghubungkan stasiun ke airport seperti di jakarta (Soekarno Hatta) dan medan (kualanamu) serta saat ini direncanakan akan dibuat kereta bandara untuk didaerah jogja (airport baru) dan solo (Adi Sumarmo).  Saat ini PT KAI menjadi single operator diindonesia harus terus berbenah dan meningkatkan pelayanan. apabila pemerintah membuka ijin perusaaan swasta untuk mengelola kereta api. PT KAI sudah mempunyai kelebihan dibandingan oleh operator swasta. Karena kedepan akan ada namanya kereta super cepat jurusan Jakarta - Surabaya dan jurusan Jakarta - Bandung.

Kami yakin PT KAI dapat berjaya  dan menjadi transportasi yang banyak diminati oleh penduduk indonesia di masa mendatang. Bravo PT KAI....

Imajinasi lebih penting dari pengetahuan. Pengetahuan itu terbatas. sedangkan imajinasi merangsang kemajuan yang melahirkan evolusi. 
George Stephen 1781-1848. Seorang insinyur rel kereta api


Sumber foto : koleksi pribadi di Instragram @b12ama





Tidak ada komentar:

Posting Komentar